Selecta tempat rekreasi keluarga

Selecta adalah Taman Rekreasi Keluarga yang alami dan mempesona, karena disamping letaknya yang cukup tinggi – yakni 1150 m dari permukaan laut- juga gampang dijangkau, berada di Desa Tulungrejo Kecamatan BumiajiKota Wisata Batu Jatim. Tepatnya, berjarak 6 km sebelah utara dari pusat Pemerintahan Kota Wisata Batu, atau sekitar setengah jam arah barat dari Kota Malang dan 2 jam perjalanan ke selatan dari Kota Surabaya.

Tak sekedar tempat berlibur dan beristirahat, Selecta menjadi obyek wisata eksotis yang mengandung nilai sejarah tinggi di republik ini. Betapa tidak, sejak berdirinya pada 1928, tempat yang awalnya dimiliki Warga Belanda, De Ruyter De Wildt, ini menyimpan sejuta kenangan dan peristiwa di jaman revolusi. Seorang Bung Karno, tokoh proklamator RI, banyak termenung dan terilhami untuk menyatukan Negeri Majapahit ini. dari Selecta, tepatnya selama 15 hari pada jaman Jepang 1942, Bung Karno bersama para jenderal dan prajurit pejuang demi kemerdekaan RI, menginap di Villa De Brandarice – sekarang bernama Bima Shakti- Beliau merenung dan menyusun ide-ide perjuangan yang akhirnya menelorkan naskah proklamasi. Tonggak sejarah berdirinya Republik Indonesia tercinta.

Begitupun Bung Hatta, pada 1956 menjelang Konferensi KNIP, pernah bermalam di Villa Bima Shakti dan menorehkan “Keris Semangat” tentang perekonomian masa depan negeri ini. Disitu, Bapak Perekonomian Indonesia ini menulis “Tinta Emas” agar membangun ekonomi melalui perkoperasian dan dimulai dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Kebersamaan ini sangat ditekankan oleh Bung Hatta, sehingga doktrin itu dipakai oleh Manajemen PT Selecta hingga sekarang. “Dalam membangun perekonomian itu tidak boleh menghutang, dan kami sangat bersyukur sampai sekarang PT Selecta tidak mempunyai hutang,” kilah Samuel Rusdy, Direktur Utama PT Selecta menerangkan cara itulah yang menjadikan selecta besar dan tercatat sebagai pembayar retribusi pajak besar serta terdisiplin di Kota Wisata Batu.

Sumber: http://www.kotawisatabatu.com/wisata/90-taman-rekreasi-selecta-jelmaan-sang-dewi

About

View all posts by

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.