Mengevaluasi dan Mengendalikan Usaha

Pengendalian

Proses pengendalian adalah suatu proses untuk menjamin teralisasinya tujuan perencanaan.
Pengendalian dimaksudkan untuk mengecek efektivitas penyelesaian rencana-rencana yang telah disusun dan ditetapkan.
Perencanaan dan pengendalian akan sangat membantu dan bermanfaat bagi wirausaha agar dapat beroperasi secara efisien dan efektif, dimana kondisi ini akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang diperolehnya.

Mengukur Kinerja Aktual

Proses pengukuran kinerja antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Penentuan sasaran. Penentuan sasaran yang harus spesifik, terukur, menantang dan didasarkan pada waktu tertentu. Di samping itu perlu pula diperhatikan proses penentuan sasaran tersebut.
  2. Penentuan standar kinerja. Pentingnya penilaian kinerja harus merupakan penilaian yang objektif, yaitu mengukur kinerja sesungguhnya melalui standar, memiliki ukuran yang dapat dipercaya dan mudah digunakan.
  3. Penentuan metode dan pelaksanaan penilaian. Metode yang dimaksud adalah pendekatan atau cara serta perlengkapan yang digunakan seperti formulir dan pelaksanaannya yang digunakan berdasarkan berbagai pendekatan seperti metode perbandingan, tes, dan lain-lain.
  4. Evaluasi penilaian. Evaluasi penilaian merupakan pemberian umpan balik terhadap kinerja yang harus diubah dan dipertahankan serta berbagai tindakan yang harus diambil dalam upaya perbaikan kinerja pada masa yang akan datang.

Membandingkan Kinerja Aktual dengan Standar

Melakukan tindakan manajerial

  1. Tidak melakukan apa-apa
  2. Mengoreksi kinerja sesungguhnya
  3. Merevisi standar

About

View all posts by

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.